Saat ini perkembangan internet di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup besar, dimana pengguna internet Indonesia di tahun 2000 sekitar 2 juta netter dari total populasi 206,264,595 penduduk (sekitar 1%) melonjak cukup tajam menjadi 20 juta dari 224,481,720 penduduk (sekitar 8.9%) di tahun 2007 dan di tahun 2008 sekitar 25 juta netter dari total populasi 237,512,355 penduduk Indonesia (sekitar 10.5%) berdasarkan data dari APJII. Hingga akhir Maret 2008, telah terpasang koneksi sekitar 241,000 broadband Internet di seluruh Indonesia.
Seperti yang kita ketahui, Fungsi utama media massa adalah :
1. To Inform
2. To comment
3. To Provide
Fungsi sekunder media massa adalah :
1. Untuk kampanye proyek-proyek yang bersifat kemasyarakatan, yang sangat diperlukan untuk memabantu kondisi-kondisi tertentu.
2. memberikan hiburan kepada pembaca dengan sajian cerita komik, kartun, dan cerita-cerita khusus
3. Melayani pembaca sebagai konselor yang ramah, menjadi agen informasi dan memperjuangkan hak
Sedangkan Fungsi dari Komunikasi yaitu :
1. Menginformasikan
2. Mengajar
3. Membujuk
4. Menghibur
Sesuai dengan fungsi media massa di atas, internet sebenarnya merupakan suatu media yang sangat ideal dan efektif untuk melaksanakan fungsi komunikasi, terutama komunikasi massa di zaman sekarang ini. Hal ini disebabkan karena internet memiliki beberapa kelebihan dibanding media massa lain, yaitu internet dapat diakses di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja, serta memberikan akses informasi yang tiada batas kepada penggunanya.
Beberapa fasilitas di internet yang sangat mendukung pelaksanaan komunikasi massa:
1. Web Mail, yaitu sebuah fasilitas pengiriman, penerimaan, maupun pembacaan e-mail melalui sarana web. Kini ribuan orang di Indonesia telah menggunakan fasilitas ini. Selain karena mudah penggunaannya web mail juga sangat efektif untuk menyampaikan pesan di cyberspace (dunia maya).
2. Newsgroups dan Mailing List. Biasa disebut sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sejumlah pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar – menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya, sehingga sangat memungkinkan terjadinya respons langsung. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.
3. Web Blog (online journal atau online diary) yang merupakan buku harian online yang di tulis dan di pubikasikan lewat dunia maya dan tentunya boleh di baca oleh siapa saja yang ingin mengakses atau mengunduhnya.. Web blog dapat juga dianalogikan sebagai rumah bagi para cyber mania. Jumlah blogger
4. World Wide Web, sering disingkat sebagai WWW atau “web” saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalambentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD. Untuk mengaksesnya, dibutuhkan software atau perangkat lunak seperti Mozila Firefox, Internet Explorer, dll.
Referensi : http://kuliahkomunikasi.com/?p=21
http://lianfernando.wordpress.com/
http://kajiankomunikasi.wordpress.com/komunikasi-massa/materi-komunikasi-massa-1/
http://afrizal.blog.friendster.com/2008/11/daftar-istilah-dalam-internet/

Tidak ada komentar:
Posting Komentar